Menelisik 3 Fitur Penting Yang Harus Dimiliki Software HRIS Indonesia

Software HRIS merupakan sebuah aplikasi yang selalu digunakan oleh perusahaan, dalam rangka memudahkan proses manajemen SDM. Fungsinya yang sangat penting membuat anda tidak boleh asal pilih. Software HRIS Indonesia itu harus memiliki setiap fitur yang dibutuhkan perusahaan. Yuk intip beberapa fiturnya sebagai berikut.

Fitur Penting yang Harus Ada Dalam HRIS

Fitur Penting yang Harus Ada Dalam HRIS

  1. Pengelolaan Database Karyawan

Suatu aplikasi HRIS harus memiliki fitur pengelolaan database karyawan secara rutin. Setidaknya aktivitas tersebut dilakukan setiap tahun tanpa terkecuali. Alasan utama mengapa hal ini penting karena setia pathun pasti ada perubahan karyawan, misalnya saja resign dan kenaikan jabatan. Oleh karena itu, aplikasi harus bisa mengelola data terbaru itu dengan otomatis.

Pekerjaan HR hanya untuk memasukkan data dasarnya saja. Aplikasilah yang akan merekap riwayat pekerjaan, data pribadi, dan gaji yang akan didapat oleh orang yang bersangkutan. Semua itu dihitung secara otomatis dan minim kesalahan. Data lama pun perlu dikelola kembali sebagai arsip perusahaan. Bisa saja ada informasi lain yang masih diperlukan di tahun berikutnya.

  1. Absensi Online

Saat ini absen secara fisik dengan tanda tangan di selembar kertas bukan lagi hal yang cocok dilakukan. Semuanya sudah serba online, termasuk perihal absensi. Berkaitan dengan hal ini, software HRIS Indonesia yang anda pilih harus terintegrasi dengan sistem tersebut. Dengan begitu, kegiatan karyawan seperti hari masuk, cuti, dan izin dapat ter rekap dengan sempurna.

Sebagian perusahaan juga memberikan bonus atau uang tambahan bagi karyawannya yang bersedia kerja lembur. Melalui absensi online ini, anda bisa mengetahui siapa saja yang telah bekerja lembur setiap harinya. Gaji pun akan langsung ditambahkan, sesuai dengan ketentuan perusahaan. semuanya sudah serba otomatis dan dapat dijalankan dengan praktis.

  1. Cuti Karyawan

Setiap karyawan memiliki masa cuti yang setara dan sudah menjadi hak pegawai. Oleh karena itu, perusahaan harus mencatat seberapa banyak jatah cuti yang sudah diambil oleh pegawai. Mencatatnya secara manual tentu termasuk hal yang tidak efektif. Oleh karena itu, serahkan hal tersebut kepada software HRIS. Biarlah mereka yang mencatat segalanya dengan baik.

Sejauh ini, catatan dari Software HRIS Indonesia selalu akurat, karena sudah terkomputerisasi. Pihak HR hanya perlu menginput data tambahan dan nantinya aplikasi lah yang mengelolanya hingga tuntas. Alasan inilah yang membuat fitur pencatatan cuti sangat penting. Jangan sampai anda memilih aplikasi HRIS yang tidak dilengkapi olehnya.

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan fitur penting yang harus ada di dalam aplikasi HRIS. Sejauh ini, SPISy adalah salah satu aplikasi HRIS yang fiturnya sangat lengkap. Keunggulan yang dimilikinya sudah tidak perlu anda ragukan lagi, sudah banyak perusahaan di luar sana yang puas atas jasa mereka. Dapat dipastikan bahwa manajemen SDM tidak lagi merepotkan.